Yamaha PSR S710 Tuts rusak

Kerusakan sering terjadi pada Tuts tapi bukan di akibatkan karena IC MKS atau rubber contact melainkan karena DM board. Karena susunan komponen berbeda dari tipe sebelumnya S710 ini memiliki sedikit kelebihan sehingga lebih mudah di perbaiki.

Langkah awal yang anda perlu perhatikan adalah melakukan pemeriksaan pada rubber contact nya dulu, periksa apakah ada kotoran atau lapisan karbon yang sudah tipis, lapisan karbon yang tipis bisa di perbaiki dengan mengecat lagi dengan cairan conductive.

Langkah kedua adalah periksa apakah ada jalur PCB yang putus, jika berkarat lakukan pengukuran dengan multitester apakah jalur benar2 putus, Jika lalur PCB normal periksa soket yang menghubungkan antara PCB dengan board MKS.

Langkah ketiga adalah periksa dibagian board MKS, gunakan board MKS yang masih normal untuk mencoba, Jika anda tidak memiliki board MKS anda bisa meminjam punya teman atau bisa juga di bawa ke tempat saya untuk mencobanya.

Jika dari ketiga langkah tersebut masih banyak tuts yang mati atau bunyinya tidak seimbang maka bisa di pastikan yang rusak bagian DM Board atau Board utama ( Kerusakan ini biasanya hanya di jumpai pada tipe S710 ).

Post a Comment

0 Comments