Master Volume Yamaha PSR / S Rusak















Cara memperbaiki Master Volume Keyboard Yamaha.
Jika pada saat anda memutar knop volume terdengar suara crack atau noise dan kadang2 hanya speaker sebelah aja yang berbunyi maka bisa di sebabkan karena Potensio volume sudah rusak dan perlu diganti, Tapi jika anda belum berniat mengganti maka ada solusi yang bersifat sementara yang mungkin bisa anda lakukan sendiri tanpa harus dibawa ke tempat service.

Cara ini bersifat sementara :
  1. Buka knop master volume dengan cara menarik ke atas dengan sangat pelan2, Jangan menggunakan obeng atau alat lain untuk mencongkel hal ini bisa berakibat potensio rusak dan casing keyboard lecet.
  2. Setelah potensio terlihat semprotkan Contact Cleaner dibagian ujung potensio ( lakukan dengan perlahan jangan sampai menyebar ke sebelah potensio, Cairan contact cleaner akan menyerap kebawah dengan pelan2 lakukan berulang2 dengan perkiraan bahwa cairan contact cleaner sudah masuk kedalam potensio.
  3. Setelah anda menyemprotkan contact cleaner kemudian tutup kembali knop dan putar volume kekanan dan ke kiri secara berulang, kemudian nyalakan keyboard dan jika masih ada suara crak crak putar lagi secara berulang2.
  4. Jika cara ini tidak berhasil biasanya di karenakan cairan contact cleaner tidak masuk kedalam potensio.
Cara yang paling benar.
potensio volume yang sudah berbunyi crakkk / noise tidak akan bertahan lama, Sebaiknya anda ganti dengan yang baru, Yang ORIGINAL dari yamaha memang mahal tapi daya tahan dan kualitas lebih bagus dibanding harus modifikasi dengan jenis yang lain. Saran saya bawa ke tempat service khusus keyboard dan minta ganti dengan yang baru yang asli ( Jangan yang modif ).

Sekian Info dari saya Terima kasih banyak sudah mampir ke blog ini.

Post a Comment

0 Comments