Tips memperbaiki keyboard yamaha














Beberapa hal yang mungkin anda perlu ketahui sebelum anda memperbaiki keyboard anda yang rusak.
( Jangan anda lakukan jika anda tidak memiliki dasar elektronika digital ).

Artikel ini saya tulis karena banyak keyboard rusak khususnya merk yamaha yang tidak bisa di perbaiki karena kesalahan sebagai berikut :
  • Mesin utama atau DM board yamaha berbeda dengan peralatan yang lainya contoh komputer / HP / VCD dan lainya jadi jika anda memiliki keahlian memperbaiki peralatan tersebut belum tentu teknik yang anda gunakan bisa di terapkan dalam memperbaiki keyboard.
  • Khusus keyboard merk Yamaha, kesalahan kecil misal salah memasang soket kabel atau pemasangan soket kabel yang miring bisa berakibat fatal jadi anda perlu berhati2 sebalum membuka atau memasang kabel pada keyboard.
  • Membuka salah satu IC bisa mengakibatkan IC tersebut langsung rusak dan tidak bisa digunakan lagi, Jika anda mencoba membongkar salah satu IC maka sebaiknya siapkan dulu IC yang benar2 baru dan bisa digunakan untuk berjaga2 jika IC yang anda copot tidak bisa digunakan lagi.
  • Untuk keyboard yang lebih baru biasanya DM board terdiri dari beberapa IC SMD / Flash RAM maka anda harus memastikan dulu bahwa kemampuan menyolder anda bagus dan bersih. Sedikit konslet pada IC ROM bisa membuat program didalamnya hilang.
  • Suara pecah pada keyboard Yamaha berbeda dengan suara pecah / noise pada peralatan Audio yang lainnya jadi rata2 suara pecah pada keyboard yamaha terletak pada bagian DMboard bukan pada AUDIO Board.
  • Jangan membuka salah satu IC jika anda belum memiliki IC penggantinya, jika ternyata IC tersebut tidak rusak maka kerusakan bisa bertambah parah.
  • Jangan melakukan modifikasi pada keyboard, jangan mencoba mengganti IC Voltage dengan merk atau tipe yang lain yang tidak sama persis jika anda ingin keyboard anda awet.
  • Jika yang rusak adaptornya sebaiknya ganti dengan adaptor yang original.
Kesimpulan : Jika anda belum ahli dan memiliki pengalaman yang cukup pada keyboard anda sebaiknya jangan di perbaiki sendiri, karena jika anda gagal bisa berakibat keyboard anda tidak bisa di perbaiki sama sekali, Dmboard sangat susah didapat dan harganya sangat mahal maka berhati2 sebelum mencoba membongkar.Bukan bermaksud untuk membuat takut, jika anda tidak percaya pada artikel ini and silahkan coba dan buktikan sendiri ( ingat resiko ditanggung sendiri ).